Thursday, October 25, 2012

STKIP Muhammadiyah Bone: Sekali Wisuda 1.400 Orang


SEKOLAH Tinggi Keguruan dan ILMU Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Bone, Sulawesi Selatan, yang berdiri pada 1 Desember 1973, kini sudah menjelma menjadi STKIP terbesar di kawasan timur Indonesia, baik dilihat dari segi jumlah mahasiswa, maupun dari segi jumlah alumni yang telah memberikan kontribusinya nyata dalam pembangunan bangsa. (Foto: Asnawin)





STKIP MUHAMMADIYAH BONE

- Terbesar di Kawasan Timur Indonesia
- Sekali Wisuda 1.400 Orang
- Acara Wisuda Dihadiri Puluhan Ribu Warga


SEKOLAH Tinggi Keguruan dan ILMU Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Bone, Sulawesi Selatan, yang berdiri pada 1 Desember 1973, kini sudah menjelma menjadi STKIP terbesar di kawasan timur Indonesia, baik dilihat dari segi jumlah mahasiswa, maupun dari segi jumlah alumni yang telah memberikan kontribusinya nyata dalam pembangunan bangsa.

Salah satu bukti sebagai STKIP terbesar di kawasan timur Indonesia, pada acara wisuda sarjana di halaman kampusnya, Sabtu, 25 Februari 2012,  STKIP Muhammadiyah Bone mewisuda 1.446 alumninya yang berasal dari enam program studi.

Alumni yang diwisuda terdiri atas 346 alumni S1 Pendidikan Bahasa Indo-nesia, 308 alumni S1 Pendi-dikan Bahasa Inggris, 323 alumni S1 Pendidikan Matematika, 134 alumni S1 Pendidikan Biologi, 262 alumni S1 Pendidikan Kewarganegaraan, serta 73 alumni S1 Pendidikan Ekonomi.

Tentu saja tidak banyak, bahkan masih tergolong langka, sebuah STKIP mewisuda hampir 1.500 alumninya dalam satu kali acara wisuda. Dan STKIP Muhammadiyah Bone termasuk salah satu di antara yang tidak banyak atau yang langka itu.

“Terima kasih atas kepercayaan Ibu, Bapak, dan masyarakat luas kepada STKIP Muhammadiyah Bone untuk memfasilitasi putra-putri dan keluarganya dalam menempuh pendidikan di STKIP Muhammadiyah Bone,” tutur Ketua STKIP Muhammadiyah Bone, Drs HA Muh Syathir S MPd.

Hal tersebut dikemukakan di hadapan Koordinator Kopertis IX Sulawesi diwakili Sekretaris Pelaksana Drs H Ibrahim Saman MM, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel Drs KH Alwi Uddin MAg, Bupati Bone, Ketua DPRD Bone, pimpinan perguruan tinggi se-Kabupaten Bone, unsur Muspida, serta sejumlah undangan dan para wisudawan bersama keluarganya yang berjumlah puluhan ribu orang.

Sekretaris Pelaksana Kopertis IX Sulawesi Drs H Ibrahim Saman MM, mengatakan, jumlah 1.400 wisudawan dalam kali acara wisuda, termasuk cukup besar untuk ukuran Sekolah Tinggi.

Kepada para wisudawan, Ibrahim mengingatkan Sekretaris Pelaksana Kopertis IX Sulawesi Drs H Ibrahim Saman MM, juga mengingatkan bahwa yang dibutuhkan oleh masyarakat dari para sarjana adalah kepedulian mereka terhadap sesama dan terhadap berbagai masalah-masalah sosial kemasyarakatan.

Ketua Muhammadiyah Sulsel Drs KH Alwi Uddin MAg, juga mengingatkan pentingnya kejujuran dan menjaga amanah sebagai orang berilmu. (win)

@copyright Tabloid Almamater, Makassar, Edisi II, Maret 2012.

No comments: