Wednesday, June 08, 2011

STIE - STISIPOL Panca Bhakti, Palu


STISIPOL Panca Bhakti Palu sama dengan sejarah berdirinya STIE Panca Bhakti Palu. Tahun 1988, Yayasan Pendidikan Panca Bhakti Sulteng mendirikan STISIPOL Panca Bhakti dan juga mengubah bentuk Akademi Sekretaris Manajemen menjadi STIE Panca Bhakti. STISIPOL Panca Bhakti kini membuka dua program studi yakni Jurusan Administrasi Negara dan jurusan Komunikasi. (Foto: Asnawin


---------


Sejarah Singkat STIE - STISIPOL Panca Bhakti Palu

Empat puluh tahun silam, tepatnya 1 Februari 1969, H Abdul Aziz Lamadjido SH selaku pejabat Bupati Donggala, berinisiatif mendirikan Akademi Administrasi Niaga (AAN) di Palu.

Aziz dibantu beberapa tokoh masyarakat Sulawesi Tengah, antara lain Kapten B.C.Tobondo (Wakil Ketua DPRDGR Sulteng), Drs Andi Mattalatta (Kadit Bangdes Sulteng), D.M. Lamakarate (residen).

Juga ada Y.F. Kapal (Kepala Perwakilan P dan K Sulteng), Yunus Kindangen (anggota BPH Sulteng), H Djalaluddin Lembah BA (Sekretaris Perwakilan P dan K Sulteng), Mohammad Idris Roe (Pimpinan Bank Pembangunan Daerah Sulteng), Ahmad Tahadju BA (Wakil Kadit Bangdes Sul-teng), K Malingkas (Kepala Kejuruan P dan K Sulteng), dan Hafid Bakri (Seksi Kesejahteraan DPRDGR Sulteng).

AAN Palu ketika itu masih merupakan kelas jauh dari AAN Makassar. Tahun 1971, Aziz Lamadjido cs berinisiatif mendirikan yayasan yang diberi nama Yayasan Akademi Administrasi Niaga, Palu, dengan Akta Nomor: 105 Tahun 1971 dan sebagai Notaris H Abdul Aziz Lamadjido SH (pejabat Bupati Kepala Daerah Kabupaten Donggala).

Dalam perjalanannya selama 40 tahun, banyak hal terjadi dalam pengelolaan yayasan. Tahun 2007, tepatnya tanggal 4 bulan Januari, ditetapkan struktur kepengurusan Yayasan Pendidikan Panca Bhakti Sulteng, yang baru yakni Pembina Prof Dr HM Noor Sulaiman Pettalongi, Ketua H Ab-dul Aziz Lamadjido SH, Wakil Ke-tua Drs H Tampari Masuara, Sekretaris Zakir Tario Dg. Sute Ssos Msi, Wakil Sekretaris Askar Yotomaruangi ST, Bendaraha Yuskisan Ssos Msi, serta pengawas Ir Yunus Muhammad.

STIE Panca Bhakti

Nama dan bentuk Akademi Administrasi Niaga (AAN) Palu dipakai selama kurang lebih 16 tahun. Perubahan dari kelas jauh AAN Makassar menjadi AAN Palu yang mandiri di bawah Yayasan Administrasi Niaga, mulai dilakukan tahun 1970.

Dua tahun kemudian AAN Palu memperoleh status swasta terdaftar dengan jenjang pendidikan Sarjana Muda, dan tahun 1981 kembali menerima status swasta terdaftar dari Mendikbud.

Tahun 1985, AAN Palu berubah nama dan bentuk menjadi Akademi Sekretaris Manajemen (ASM) Palu. Tiga tahun kemudian, ASM berubah lagi menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Panca Bhakti Palu dengan status swasta terdaftar, dan mendapat akreditasi “B” oleh Badan Akreditasi Nasional.

STIE Panca Bhakti kini membina dua jurusan, yakni jurusan akuntansi, dan jurusan manajemen.

STISIPOL Panca Bhakti

Berdirinya STISIPOL Panca Bhakti Palu sama dengan sejarah berdirinya STIE Panca Bhakti Palu.

Tahun 1988, Yayasan Pendidikan Panca Bhakti Sulteng mendirikan STISIPOL Panca Bhakti dan juga mengubah bentuk Akademi Sekretaris Manajemen menjadi STIE Panca Bhakti.

STISIPOL Panca Bhakti kini membuka dua program studi yakni Jurusan Administrasi Negara dan jurusan Komunikasi. Program studi Ilmu Komunikasi sudah mendapatkan status akreditasi untuk kedua kalinya tahun 2008, sedangkan program studi Ilmu Administrasi Negara tinggal me-nunggu turunnya status akreditasi dari BAN RI.

“Dua-duanya (STIE Panca Bhakti dan STISIPOL Panca Bhakti) anak kandung Yayasan Pendidikan Panca Bhakti,” tegas Wakil Ketua YP Panca Bhakti Sulteng, Drs H Tampari Masuara, pada acara wisuda sarjana STISIPOL Panca Bhakti, di Palu, 7 April 2009. (asnawin)

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, kritik, dan saran-sarannya di blog "Majalah Almamater"]

3 comments:

prolima_communication said...

baru2 ini sy ke Palu dan bertemu dgn pak Yusuf Paddong, ibu Andi Sikati, dan bbrp yg lain..... ternyata jasa Pak Yusuf Paddong bersama istrinya dlm mengawal, menjaga eksistensi, dan membesarkan STIE Panca Bhakti dan Stisipol Panca Bhakti sangat besar.....

jusuf paddong said...

Berikut ini adalah sejarah singkat berdirinya kedua kampus itu :

Tahun 1969:

Kelas Jauh Akademi Administrasi Negara (AAN) Makassar di Palu didirikan oleh Drs. A. Matalatta Sulolipu (waktu itu Kadit Bangdes Propinsi Sulteng), Daeng Maradja Lamakarate (residen), Achmad Tahadju, BA (Wakil Kadit Bangdes Propinsi Sulteng) dan beberapa tokoh masyarakat.

Tahun 1970:

Pemerintah melarang dan menutup kelas jauh.

Drs. Djamaluddin Harate selaku Ketua AAN Makassar di Palu berinisiatif menghubungi beberapa tokoh masyarakat untuk membentuk Yayasan Administrasi Niaga Palu..sehingga AAN Makassar di Palu berubah menjadi AAN Palu. berikut adalah orang - orang yang dihubungi beliau adalah :

H. Abdul Azis Lamadjido, SH (Bupati Donggala) dan Kapten B. C. Tobondo (Wakil Ketua DPRD Sulteng)

Tahun 1972:

Berdasarkan SK. Dirjen Dikti No. 41/B/DPT/1972 tanggal 30 Desember 1972, AAN Palu memperoleh status Swasta terdaftar dengan jenjang pendidikan Sarjana Muda (SM), yang membina jurusan Kesekretariatan dan jurusan Akuntansi.

Tahun 1981:

Berdasarkan SK. Mendikbud No. 048/0/1981 tanggal 22 Januari 1981

AAN Palu kembali ditetapkan dengan status Swasta Terdaftar

Tahun 1986:

Berdasarkan SK. Mendikbud No. 045/0/1986 tanggal 28 januari 1986 AAN Palu berubah menjadi Akademi Sekretaris Manajemen (ASM) Panca Bhakti Palu dengan jurusan/program studi pada jenjang program Diploma Tiga (D3) yaitu jurusan sekretariat dan jurusan akuntansi. kedua jurusan tersebut memperoleh status swasta terdaftar.

Tahun 1987:

Atas desakan sebagian besar alumni AAN dan mahasiswa tingkat akhir ASM untuk dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat Sarjana (S1), maka atas inisiatif Drs. H. M. Jusuf Paddong, dibantu oleh Achmad Tahadju, BA (Sekretaris Yayasan), diupayakan pembentukan sebuah sekolah tinggi yang diberi nama Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) berdasarkan SK. Koordiantor Kopertis Wilayah IX Sulawesi No. 68 Tahun 1987 tanggal 17 Februari 1987..status ASM ditingkatkan menjadi STIM Panca Bhakti Palu dengan jenjang pendidikan S1 Sekretariat dan S1 Akuntansi.

Tahun 1988:

Melalui proses evaluasi, STIM Panca Bhakti Palu kemudian berubah bentuk menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Panca Bhakti Palu berdasarkan SK. Mendikbud No. 063a/0/1988 tanggal 9 Februari 1988 dan memperoleh status terdaftar berdasarkan SK. Mendikbud No. 064/0/1988.

suatu permasalahan kemudian muncul, karena dalam SK. tersebut, jurusan kesekretariatan pada STIM tidak memperoleh status. untuk mengantisipasi hal tersebut maka mahasiswa jurusan kesekretariatan dikonversikan ke jurusan Manajemen, namun mahasiswa menolak karena merasa dirugikan..

oleh karena itu maka Drs. H. M. Jusuf Paddong bersama Drs. Ahmad Abdul Rauf dan Achmad Tahadju, BA bersama tiga orang perwakilan mahasiswa (salah satunya adalah Adijoyo Dauda (sekarang menjadi Pembantu Dekan di STISIPOL) berangkat ke Makassar untuk menghadap kepada Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi (Ridwan Saleh Mattayang, SH)

dalam pertemuan itu, Drs. H. M. Jusuf Paddong mengusulkan pembentukan sebuah sekolah tinggi baru dalam yayasan Pendidikan Panca Bhakti palu..yang kemudian diberi nama Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Panca Bhakti yang diperuntukkan bagi mahasiswa jurusan Kesekretariatan.

Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi lalu menugaskan Drs. H. M. Jusuf Paddong untuk mengurus dan mengajukan permohonan pendirian STISIPOL Panca Bhakti Palu secara langsung melalui Direktorat Perguruan Tinggi Swasta (Dir. Gutawa) Ditjen Dikti di Jakarta.

tidak benar apa yang dikatakan oleh tampari masuara bahwa dialah orang yang ikut mendirikan kedua sekolah itu...kalau anda (mahasiswa STISIPOL ingin bukti...coba tanyakan sama Pak Adijoyo Dauda...saat itu dia masih mahasiswa di kampus itu..coba tanyakan siapa yang membawa dia ke Makassar untuk menghadap ke Koordiantor Kopertis Wilayah IX saat itu dalam pendirian STISIPOL..apakah tampari masuara..atau pak Jusuf Paddong

tampari masuara telah melakukan pembohongan publik..merasa diri paling berjasa..padahal sama sekali tidak ada andil dalam pendirian kedua sekolah itu..

Anonymous said...

itulah sejarah sebenarnya kedua kampus itu..lihat urutan sejarah berdasarkan dengan SK. pendiriannya..
coba tanyakan sama tampari masuara tentang semua SK. itu...kapan dia dirikan STISIPOl...siapa yang dia temui saat itu di Kopertis ketika mendirikan STISIPOl...
kalau memang benar dia yang berjasa di STISIPOl..coba suruh tunjukkan bukti Surat penugasan Pendirian STISIPOl dari Kopertis (pada Saat itu Koordinator Koopertis Wilayah IX Sulawesi Dijabat Oleh Bapak Saleh Mattayang).