Thursday, June 16, 2011

Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Boalemo


Terbentuknya STIM Boalemo didorong dan dipercepat oleh adanya kebutuhan masyarakat setempat terhadap keberadaan perguruan tinggi. Sebagai putra daerah, kami tentu berkewajiban secara psikologis untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan mereka, khususnya kebutuhan akan pendidikan tinggi. -Azis Rahman-






----------

Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Boalemo

Oleh : Asnawin

Awal Maret 2009, saya sebagai Humas Kopertis Wilayah IX Sulawesi, berkunjung ke beberapa kabupaten dan kota di Provinsi Gorontalo. Salah satu tempat yang saya kunjungi yaitu kampus Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Boalemo, di Kabupaten Boalemo.

Ketika itu, saya bersama staf Bagian Akreditasi dan Kelembagaan Drs Andi Lukman, mendampinggi Koordinator Kopertis IX Sulawesi Prof Dr HM Basri Wello MA, Sekretaris Pelaksana Kopertis IX Sulawesi Drs Ibrahim Saman MM, serta Kabag Akreditasi dan Kelembagaan Muhammad Amir Suddin SH.

Kami diterima langsung oleh Ir H Aziz Rachman MM, selaku Ketua Yayasan Bina Mandiri Boalemo. Selain mendengarkan penjelasan dan berdialog dengan pihak yayasan dan pengelola, kami juga diantar melihat-lihat fasilitas yang dimiliki STIM Boalemo.

Salah satu nilai plus yang dimiliki STIM Boalemo yaitu adanya stasiun radio milik kampus yang diberi nama E-Radio. Koordinator Kopertis IX Sulawesi Prof Basri Wello MA, bahkan sempat "dibajak" sekitar 10 menit untuk wawancara yang disiarkan secara langsung oleh kru radio tersebut.

Kami cukup terkesan setelah melihat kampus dan fasilitas yang ada di STIM Boalemo, apalagi sampai sekarang mereka satu-satunya perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Boalemo.

Tidak banyak catatan saya yang tertinggal dari kunjungan ketika itu, tetapi dari situs web http://hulondhalo.com/stim-boalemo/ yang juga mengutip dari situs resmi STIM Boalemo, www.stim-boalemo.ac.id, ada profil STIM Boalemo.

Di situ antara lain disebutkan bahwa STIM Boalemo terbentuk melalui SK Mendiknas No. 59/D/O/2008, tertanggal 28 Maret 2008, dan lembaga ini lahir melalui proses pendirian dan peralihan status dari ASMI Boalemo yang berdiri melalui SK Mendiknas No. 77/D/O/2005, tanggal 8 Juni 2005.

Terbentuknya STIM Boalemo didorong dan dipercepat oleh adanya kebutuhan masyarakat setempat terhadap keberadaan perguruan tinggi.

"Sebagai putra daerah, kami tentu berkewajiban secara psikologis untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan mereka, khususnya kebutuhan akan pendidikan tinggi," kata Azis Rahman, kepada penulis.

STIM Boalemo bertekad menghasilkan lulusan yang kompeten, terampil, siap memasuki pasar kerja, baik sektor pemerintah maupun swasta, serta berupaya mempersiapkan tenaga profesional dan handal dalam bidangnya, sehingga mampu memiliki jiwa wirausaha atau jiwa entrepreneurship.

"Kami ingin berpartisipasi dalam pembangunan dengan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengikuti pendidikan melalui program Sarjana (S1) dan Program Diploma (D3) di kampus STIM Boalemo," kata Azis.

STIM Boalemo sejak awal didirikan di Kabupaten Boalemo memiliki komitmen yang sangat kuat untuk mengembangkan lembaga pendidikan tinggi. Hal itu seiring dengan program peningkatan dan pengembangan SDM oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo dan Pemerintah Provinsi Gorontalo. Oleh karena itulah, STIM Boalemo terus membenah diri dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, khususnya di Kabupaten Boalemo dan sekitarnya.

Teknologi Komunikasi

Penyiapan infrastruktur Teknologi Informasi Komunikasi adalah salah satu program "STIM SMART CAMPUS" yang sedang dikembangkan oleh STIM Boalemo sebagai kampus berbasis TIK atau Teknologi Informasi dan Komunikasi.

STIM Boalemo kini memiliki Laboratorium Multimedia, Radio Pendidikan E-Radio, Free Hot Spot Internet, Video Converence adalah merupakan media pendukung pembelajaran efektif menuju pendidikan tinggi masa depan yang berkualitas, terjangkau, dan merata.

Azis menjelaskan, STIM Boalemo merupakan lembaga pendidikan tinggi yang berada di bawah Yayasan Bina Mandiri Gorontalo, yang berdiri pada tahun 2003 dengan tujuan memberikan konstribusi terhadap pembangunan dan pengembangan di bidang pendidikan.

Visi-Misi

Untuk menjalankan maksud tersebut, Yayasan Bina Mandiri sebagai badan penyelenggara pendidikan tinggi mengusung visi "Mewujudkan Lembaga Pendidikan yang unggul dan terdepan dalam mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, memiliki daya saing serta mampu mendukung pelaksanaan pembangunan nasional."

Guna mewujudkan visi tersebut, STIM Boalemo membuat misi, sebagai berikut;
* Mengembangkan lembaga pendidikan sebagai pusat pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
* Menyiapkan seluruh sumber daya untuk meningkatkan mutu dan kesehjahteraan serta mengembangkan sarana prasarana serta teknologi yang dibutuhkan.

Sistem pendidikan di STIM Boalemo adalah dilakukan dengan Sistem Kredit Semester (SKS) untuk Program Sarjana (S1) sekurang kurangnya 155 SKS dan sebanyak banyaknya 160 SKS, dijadwalkan dalam 10 semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 8 semester, serta selambat-lambatnya 12 semester.

Untuk Program Diploma (D3) sekurang kurangnya 110 SKS dan sebanyak banyaknya 115 SKS, dijadwalkan dalam 6 semester dan bagi lulusan Program Diploma (D3) dapat melanjutkan kembali ke Jenjang Program Sarjana (S1) melalui program lanjutan yang dapat ditempuh dalam tiga sampai empat semester.

Kurikulum pendidikan disusun secara sistematis sesuai kurikulum nasional dan kurikulum lokal (kebutuhan daerah), dengan komposisi Mata Kuliah 90 persen teori dan 10 persen praktek untuk Program Sarjana (S1), dan komposisi Mata Kuliah 70 persen teori dan 30 persen praktek untuk Program Diploma D-3.

Fasilitas

Sarana prasarana kampus berupa Gedung Kampus yang representatif terletak di pusat ibukota Tilamuta Kabupaten Boalemo.

Memiliki Ruang Layanan Mahasiswa & Publik, Ruang kuliah dilengkapi dengan Layar Projector dan LCD, Studio Video Teleconverence (Inherent), Studio Komputer Berbasis LAN, Pembelajaran Berbasis TIK, Hotspot Internet, Ruangan Pimpinan dan Staf serta Ruang Pelayanan Mahasiswa dan Publik Full AC.

Sebagai penyaluran minat dan bakat disediakan Fasilitas Radio Pendidikan (E-Radio) sehingga diharapkan dapat berkomunikasi dengan baik dan lancar.

Azid mengatakan, dengan memiliki kualifikasi Sarjana S-1 dan Diploma D-3, maka lulusan STIM Boalemo dapat menempati posisi pasar kerja, baik pemerintahan maupun swasta.

"Juga diharapkan dengan jiwa wirausaha (entrepreneurship) yang dimiliki, bisa melihat peluang-peluang usaha untuk merintis dan membuka lapangan pekerjaan," ujarnya.

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, kritik, dan saran-sarannya di blog "Majalah Almamater"]

2 comments:

Dark Knight said...

Terimakasih atas informasinya, sangat membantu.
salam kenal dari saya mahasiswa fakultas Ekonomi :)

Asnawin Aminuddin said...

trims dan salam kenal kembali.. mdh2an kuliahnya cepat rampung dan cepat lanjut...