Sunday, October 28, 2012

STIEM Bongaya: Berkualitas tetapi Tarif Terjangkau


Meskipun sudah maju dan menjadi salah satu PTS paling sehat di wilayah Kopertis IX Sulawesi, STIEM Bongaya tetap memertahankan misinya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan tidak mengubah diri menjadi perguruan tinggi elit. “SPP tetap kami pertahankan dengan tarif terjangkau oleh masyarakat kebanyakan, tetapi murah bukan berarti murahan,” kata Pendiri STIE Bongaya dan Ketua Yayasan Pendidikan Bongaya Ujungpandang, Prof Dr HM Idris Arief MS.




STIEM Bongaya:
Berkualitas tetapi Tarif Terjangkau

Makassar, Tabloid Almamater.
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar (STIEM) Bongaya hanya membuka dua program studi (prodi S1 Manajemen, dan prodi S1 Akuntansi), tetapi jumlah mahasiswanya mencapai 4.000 orang.

Pada tahun akademik 2012/2013 ini, jumlah calon mahasiswa baru yang mengikuti tes sebanyak 1.329 orang, tetapi yang diterima hanya sekitar 1.000 orang.

Untuk ukuran sekolah tinggi, apalagi yang hanya membuka dua program studi, STIEM Bongaya boleh dikatakan terbanyak mahasiswanya dan terbaik di Kota Makassar, bahkan mungkin terbaik di kawasan timur Indonesia.

Guna memberikan pelayanan optimal kepada mahasiswa dan sekaligus menciptakan lingkungan akademik, STIEM Bongaya telah memiliki total luas areal tanah sekitar 2 hektar, serta memi-liki gedung perkuliahan dan per-kantoran, yang terdiri atas 40 ruangan perkuliahan, plus gedung perkantoran, kampus Program Pascasarjana, serta berbagai sarana dan prasarana, seperti laboratorium, sarana olahraga, sarana ibadah, dan ruang terbuka hijau.

Meskipun sudah maju dan menjadi salah satu PTS paling sehat di wilayah Kopertis IX Sulawesi, STIEM Bongaya tetap memertahankan misinya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan tidak mengubah diri menjadi perguruan tinggi elit.

“SPP tetap kami pertahankan dengan tarif terjangkau oleh masyarakat kebanyakan, tetapi murah bukan berarti murahan,” kata Pendiri STIE Bongaya dan Ketua Yayasan Pendidikan Bongaya Ujungpandang, Prof Dr HM Idris Arief MS, kepada Tabloid Almamater, di ruang kerjanya, Kamis, 16 Agustus 2012.

Tarif SPP bagi mahasiswa program regular hanya Rp 1.750.000 per semester, sedang-kan tariff SPP bagi mahasiswa program eksekutif yaitu Rp 2.500.000.

Dia mengungkapkan, banyak pimpinan perguruan tinggi dan mahasiswa asal pulau Jawa yang heran dan bertanya, mengapa SPP di STIEM Bongaya terbilang murah.

“Saya bilang, itulah tarif SPP yang terjangkau oleh masyarakat kebanyakan, karena misi STIEM Bongaya memang bukan mencari keuntungan, melainkan bagai-mana supaya masyarakat keba-nyakan juga bisa mengecap pendidikan di perguruan tinggi berkualitas,” kata Idris. (as)

@copyright Tabloid Almamater, Makassar, Edisi 3, Oktober 2012.

No comments: