Tuesday, October 23, 2012

Juni 2012, Unanda Palopo Jadi PTN


WISUDA UNANDA PALOPO. Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan (kedua dari kiri), Walikota  Palopo HPA Tenriajeng (paling kiri), Rektor Unanda Prof Lauddin Marsuni (kedua dari kanan) saat pembukaan acara wisuda dan Dies Natalis Unanda Palopo,di Merdeka Convention Hall, Palopo, Sabtu 28 Januari 2012 . (Foto Asnawin) 




Juni 2012, Unanda Palopo Jadi PTN

Palopo, Tabloid Almamater. Perjuangan panjang peme­rintah daerah dan para penge­lola Universitas Andi Djemma (Unanda) Palopo untuk me­ngu­bah status Unanda dari PTS menjadi PTN, mulai menam­pak­kan hasil.

Menteri Koperasi dan UK­M, Syarif Hasan, yang putra asli Palopo dan Ketua Pembina Kerukunan keluarga Luwu, bah­kan mengaku sudah berbi­cara langsung dengan Men­dik­bud Muhammad Nuh, dan men­da­pat jaminan bahwa kemung­kinan besar Unanda akan beru­bah status dari PTS menjadi PTN.

Proses perubahan status Unanda menjadi PTN, timpal Rektor Unanda Prof Dr H Lau­ddin Marsuni SH MH, telah me­lalui dua tahap.

Tahap pertama tahun 2010, dan tahap kedua pada 2011, yang ditandai dengan kunju­ngan spesifik Komisi X DPR RI bersama Direktur Kelem­bagaan dan Kerjasama Kemen­diknas yang meninjau lang­sung persiapan Unanda men­jadi PTN, ke Palopo, pada 15-19 Februari 2011.

Pihak Unanda juga sudah menyerahkan berkas studi kelayakan penegerian Unanda kepada Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Ditjen Dikti, pada 14 November 2011.

Usul pengajuan penam­bahan program studi eksakta (Teknik Informatika) kepada Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Ditjen Dikti, juga telah disampaikan pada 18 November 2011.

Selanjutnya Unanda juga telah menerima kunjungan Tim Assesor yang melakukan ases­men lapangan dalam rangka proses penegerian Unanda, pada 11-15 Desember 2011.

“Menyangkut sertifikat tanah Unanda, pihak Unanda pun telah menyurat kepada Bupati Luwu pada 13 Desem­ber 2011,” kata Lauddin, pada acara Wisuda Sarjana Angkatan VI dan Milad ke-14 Unanda, di Merdeka Convention Hall, Palopo, Sabtu, 28 Januari 2012.

Menkop dan UKM Syarif Hasan mengaku memiliki komitmen khusus dan ikatan emosional dengan Kota Palopo, karena dirinya lahir dan besar di Palopo. Karena itulah, dia mengaku telah turut berjuang untuk menegerikan Unanda, dan telah bertemu langsung dengan Mendiknas Muhammad Nuh.

“Saya bilang, saya putra Palopo. Beliau kaget. Saya bilang, Pak Nuh, saya minta Unanda segera diproses menjadi PTN. Insya Allah, Juni 2012 Unanda sudah jadi PTN. Kita berdoa saja,” katanya sebelum membawakan orasi ilmiah.

Acara wisuda dan Milad Unanda turut dihadiri beberapa anggota DPR RI, Sekretaris Pelaksana Kopertis IX Sulawesi Drs H Ibrahim Saman MM, Walikota Palopo HPA Tenriadjeng, serta sejumlah undangan lainnya. (win)

@copyright Tabloid Almamater, Makassar, Edisi II, Maret 2012.

No comments: