Tuesday, October 23, 2012

Akper Rumkit Tk.III Manado: Gelar Pelatihan Basic Life Support


PELATIHAN BLS. Akper Rumkit Tk.III Manado bekerja sama Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia Wilayah Provinsi Sulawesi Utara, mengadakan Pelatihan Basic Life Support (BLS). Pelatihan BLS angkatan kedua yang dilangsungkan di kampus Akper Rumkit Tk.III Manado, 2-3 Maret 2012, diikuti 78 peserta (76 mahasiswa dan dua dosen). (ist)


 


Akper Rumkit Tk.III Manado: 
Gelar Pelatihan Basic Life Support

Manado, Tabloid Almamater. Wilayah Indonesia merupakan wilayah yang sangat berpotensi terjadinya bencana. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, tercatat sedikitnya 6.000 lebih bencana terjadi dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Kasus Bencana dan kegawatan dapat terjadi kapan saja, di mana saja, dan kepada siapa saja.

Mengantisipasi hal tersebut, perguruan tinggi perlu melatih dan menyiapkan mahasiswanya dengan memberikan bekal pengetahuan dan pengalaman, sehingga alumni perguruan tinggi dapat terjun langsung ke lapangan setiap kali ada bencana.

Sehubungan dengan itulah, Akper Rumkit Tk.III Manado bekerja sama Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia Wilayah Provinsi Sulawesi Utara, mengadakan Pelatihan Basic Life Support (BLS).
Pelatihan BLS angkatan kedua yang dilangsungkan di kampus Akper Rumkit Tk.III Manado, 2-3 Maret 2012, diikuti 78 peserta (76 mahasiswa dan dua dosen).

Direktur Akper Rumkit RW Mongonsidi Manado, dr Muljani Budi Muljono Mkes, kepada Tabloid Almamater, menjelaskan, basic life support (bantuan hidup dasar) merupakan suatu pelatihan yang bertujuan memberikan keterampilan kepada para mahasiswa untuk memberikan pertolongan kegawat-daruratan kepada penderita yang mengalami kegawatan yang membutuhkan bantuan segera untuk menyelamatkan nyawa mereka.

“Guna meningkatkan kompetensi mahasiswa dan melihat wilayah Indonesia yang rawan bencana, maka kami dari institusi pendidikan kesehatan merasa sangat penting membekali mahasiswa melalui pelatihan Bantuan Hidup Dasar, yang sekaligus merupakan salah satu kompetensi yang harus dicapai oleh mahasiswa Akper Rumkit Tk.III Manado,” jelas Muljani.

Peserta pelatihan yang telah lulus ujian tulis dan ujian keterampilan BLS, katanya, akan diberikan sertifikat pelatihan Basic Life Support dan diberikan lisensi untuk memberikan pananganan kegawatdaruratan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Pendaftaran Maba

Pada kesempatan itu, Muljani juga mengemukakan bahwa Akper Rumkit Tk.III Manado akan membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2012-2013 mulai 1 April hingga 20 Juli 2012 melalui beberapa tahapan tes. (win)

@copyright Tabloid Almamater, Makassar, Edisi II, Maret 2012.

No comments: