Thursday, October 25, 2012

Universitas Lakidende Telah Hasilkan 1.500 Alumni


“Indikator ini menunjukkan bahwa animo, minat, dan sekaligus kepercayaan serta penghargaan masyarakat terhadap Unilaki semakin tinggi. Hal ini disebabkan selain karena letaknya yang strategis, juga karena outputnya sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Konawe dan sekitarnya.”
-- Rektor Unilaki Ir H Saiful Bakhri MSi --




Universitas Lakidende, Unaaha
Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara

-- Telah Hasilkan 1.500 Alumni
-- Jumlah Mahasiswa Baru Meningkat Drastis
-- Semua Program Studi Sudah Terakreditasi


Usia Universitas Lakidende (Unilaki) baru 16 tahun, tetapi perguruan tinggi yang terletak dan berdiri di atas lahan seluas tiga hektar, di Unaaha, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara, sudah mampu mendewasakan diri.

Buktinya, Unilaki yang didirikan oleh Drs H Abdul Razak Porosi itu, sudah memiliki sekitar 4.000 mahasiswa dan telah menghasilkan 1.566 alumni, termasuk 510 orang yang diwisuda, di halaman Kampus Unilaki, Selasa, 27 Maret 2012.

Ke-510 alumni yang diwisuda terdiri atas 138 alumni Fakultas Ilmu Administrasi, 34 alumni Fakultas Pertanian, 16 alumni Fakultas Teknik, 81 alumni Fakultas Ekonomi, serta 259 alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (133 alumni program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan 126 alumni program studi Bahasa Inggris).

Untuk ukuran perguruan tinggi yang berdomisili di sebuah kabupaten, jumlah alumni yang dihasilkan Unilaki tergolong besar.Prestasi tersebut juga diimbangi dengan peningkatan drastis jumlah mahasiswa baru. Pada penerimaan maba tahun akademik 2010/2011, jumlah maba yang diterima “hanya” 985 orang, tetapi jumlah maba yang diterima pada tahun akademik 2011/2012 meningkat drastis menjadi 1.515 orang.

“Indikator ini menunjukkan bahwa animo, minat, dan sekaligus kepercayaan serta penghargaan masyarakat terhadap Unilaki semakin tinggi. Hal ini disebabkan selain karena letaknya yang strategis, juga karena outputnya sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Konawe dan sekitarnya,” tutur Rektor Unilaki Ir H Saiful Bakhri MSi.

Sudah Terakreditasi

Universitas Lakidende kini enam fakultas dengan delapan program studi. Semua program studi yang ada (kecuali Pendidikan Matematika), sudah mendapatkan status terakreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Saiful Bakhri mengatakan, status terakreditasi tersebut merupakan bentuk pengakuan atau akuntabilitas dari pemerintah. Sekretaris Pelaksana Kopertis IX Sulawesi Drs H Ibrahim Saman MM juga menyatakan hal yang sama.

“Kalau sudah ada pengakuan dari BAN-PT, maka itu adalah pengakuan atas kualitas program studi yang ada di Unilaki,” tandasnya di hadapan Gubernur Sultra, Bupati Konawe, Muspida Konawe, pendiri dan sekaligus Ketua Dewan Pembina Yayasan Unilakidende-Razak Porosi, serta sejumlah undangan dan para wisudawan.

Acara wisuda dan dies natalis diisi dengan pembacaan orasi ilmiah dengan judul “Universitas Lakidende sebagai Pusat Pengkajian dan Pengembangan Kebudayaan Konawe” oleh Dr La Niampe MHum. (win)

@copyright Tabloid Almamater, Makassar, Edisi II, Maret 2012.

1 comment:

Anonymous said...

Semoga Universitas Lakidende makin berkembang dan maju....