Thursday, December 05, 2013

Pejabat dan Pegawai adalah Pelayan


PEJABAT Kopertis IX Sulawesi yang dilantik di Makassar, 16 Juli 2013, dari kiri ke kanan; Drs Mustafa MM (Kasubag Keuangan), Drs Andi Rusdam MM (Kasubag Tata Usaha), Drs Lusman MM (Kasi Akademik dan Kemahasiswaan), Dra Dahlia MSi (Kasi Ketenagaan), Ratna SSos (Kasi Sistem Informasi), dan Nur Qalbi SH MH ( Kasi Kelembagaan dan Kerjasama). (Foto: Asnawin)


---------------

Pejabat dan Pegawai adalah Pelayan


Inti dari birokrasi adalah pelayanan, karena sesungguhnya pejabat dan pegawai adalah pelayan. Mutasi dan pelantikan pejabat di lingkungan institusi pemerintah bertujuan untuk penyegaran, sedangkan perubahan dan pengembangan organisasi bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik.

“Masyarakat juga semakin menuntut peningkatan pelayanan dan sesungguhnya kita ini (pegawai dan birokrat) adalah pelayan,” kata Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi Prof Dr Ir Andi Niartiningsih MP.

Hal tersebut diungkapkan pada pelantikan pejabat eselon empat lingkungan kantor Kopertis Wilayah IX Sulawesi, beberapa waktu lalu.

“Kami pernah melakukan kunjungan ke sebuah organisasi di Kanada. Stafnya hanya empat orang, tetapi mereka melayani seluruh dunia, termasuk kami dari Indonesia sebagai pelanggannya,” ungkap mantan Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Pejabat yang dilantik yaitu Drs Andi Lukman MSi sebagai Kasubag Kepegawaian pada Bagian Umum, Drs Mustafa MM sebagai Kasubag Keuangan pada Bagian Umum, Drs Andi Rusdam MM sebagai Kasubag Tata Usaha pada Bagian Umum.

Drs Lusman MM sebagai Kasi Akademik dan Kemahasiswaan pada Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Ketenagaan, Dra Dahlia MSi sebagai Kasi Ketenagaan pada Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Ketenagaan.

Ratna SSos sebagai Kasi Sistem Informasi pada Bidang Kelembagaan dan Sistem Informasi, serta Nur Qalbi SH MH sebagai Kasi Kelembagaan dan Kerjasama pada  Bidang Kelembagaan dan Sistem Informasi.

Koordinator Kopertis IX yang baru, Prof Andi Niartiningsih (menggantikan Prof Basri Wello), dilantik oleh Mendikbud RI di Jakarta, pada Jumat, 12 Juli 2013, bersamaan dengan pelantikan Sespel Kopertis Wilayah IX Dr H Ibrahim Saman MM.

Sebelumnya, satu Kepala Bagian dan dua Kepala Bidang dilantik di Jakarta, Jumat, 5 Juli 2013,  yaitu Kepala Bagian Umum Muhammad Amir SH MH, Kepala Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Ketenagaan Ikhsan Kasnul Faraby SSos MSi, serta Kepala Bidang Kelembagaan dan Sistem Informasi Pattola Muhadjir SE MM. (asnawin)

No comments: