Monday, December 02, 2013

Saran Rektor Umpar Buat Bank Syariah


Setelah melakukan penelitian dan memperoleh beberapa temuan, Rektor Universitas Muhammadiyah Parepare (Umpar), Syarifuddin Yusuf, memberikan beberapa saran kepada para pengelola bank syariah, antara lain bank syariah disarankan melakukan pengembangan kompetensi khusus pada teknik pemasaran, serta memertahankan prinsip keterbukaan. (Foto: Asnawin)



-------------

Saran Rektor Umpar Buat Bank Syariah


Setelah melakukan penelitian dan memperoleh beberapa temuan, Rektor Universitas Muhammadiyah Parepare (Umpar), Syarifuddin Yusuf, memberikan beberapa saran kepada para pengelola bank syariah.

Bank syariah antara lain disarankan menjalin kerjasama dengan bank konvensional, melakukan inovasi penambahan segmentasi pasar, membuka link pembentukan syariah pada unit usaha yang didanai dan membentuk komuniti syariah, serta membuka kantor layanan syariah dan menambah jumlah karyawan guna mendukung strategi perusahaan.

Syarifuddin Yusuf juga menyarankan pengembangan kompetensi khusus pada teknik pemasaran, memertahankan prinsip keterbukaan, kecepatan dalam merespon, dan kualitas informasi dalam pemasaran, serta membangun kepercayaan nasabah yang berbeda dengan kompetensi bank konvensional.

Selain itu, bank syariah juga disarankan membuka segmentasi syariah untuk menerima pola dan kondisi usaha masyarakat yang beraneka-ragam, memperkuat kompetensi pemasaran melalui kemampuan menjalin kerja-sama antar-lembaga yang terlibat dalam penguatan sistem syariah Islam.

Temuan dan saran-saran tersebut dikemukakan Syarifuddin saat memertahankan disertasinya yang berjudul “Kompetensi Fungsional dan Pengaruhnya Terhadap Strategi dan Kinerja Bank Syariah di Makassar”, di Kampus Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Kamis, 31 Oktober 2013.

Pria kelahiran Enrekang, 23 Maret 1964, berhasil memertahankan disertasinya di hadapan 10 tim penguji yang diketuai Rektor UMI Prof Masrurah Mochtar, dan berhasil meraih gelar doktor bidang manajemen keuangan.

Syarifuddin Yusuf melakukan penelitian terhadap tujuh bank syariah di Kota Makassar di bawah bimbingan Prof Abdul Rahman Mus selaku promotor, serta oleh Prof Ahmad Gani dan Hamzah Hafied PhD selaku ko-promotor.

Ayah lima anak dan suami dari Haniarti SSi MKes Apt, sudah dua periode menjabat Rektor Universitas Muhamma-diyah Parepare (Umpar), yakni periode 2007–2011, dan periode 2011–1015.

Syarifuddin Yusuf yang juga dosen DPK (dosen negeri yang diperbantukan) Kopertis Wilayah IX Sulawesi, menyelesaikan pendidikan sarjana (S1) pada jurusan PDU/Pendidikan Akuntansi IKIP Ujungpandang (1989), dan kemudian mengambil program magister (S2) pada program studi Manajemen Keuangan Universitas Hasanuddin, Makassar (2003). (asnawin)

No comments: