Monday, December 02, 2013

Mahasiswa ATS Sorowako Dibayar 8 Dolar/Jam


“Masa tunggu alumni kami paling lama enam bulan dan sebagian besar bekerja pada perusahaan-perusahaan besar. Terus-terang permintaan calon karyawan dari perusahaan-perusahaan besar tidak bisa kami penuhi semua, karena jumlah mahasiswa kami terbatas,” ungkap Direktur Akademi Teknik Sorowako, Luwu Timur, Mastam Maharding. (Foto: Asnawin)







---------------

Akademi Teknik Sorowako:

Mahasiswa Dibayar 8,1 Dolar/Jam


Cukup banyak perbedaan dan kelebihan yang dimiliki Akademi Teknik Sorowako (ATS), Luwu Timur, Sulawesi Selatan, dibandingkan perguruan tinggi lain pada umumnya. Salah satu kelebihan itu adalah mahasiswa ATS mendapat bayaran 8,1 dolar per jam atau setara dengan Rp 97.200 per jam (kurs Rp 12.000/1 dolar).

Para mahasiswa ATS tersebut kadang-kadang bekerja selama 130 jam. Dengan demikian, mereka akan mendapatkan bayaran sebesar Rp 12.636.000.

“Mereka mendapat bayaran dari PT Inco kalau ada pekerjaan atau sesuatu yang diminta oleh PT Inco untuk dikerjakan,” ungkap Direktur ATS Luwu Timur, Mastam Maharding ST MPd, kepada “Majalah Almamater”, di Makassar, beberapa waktu lalu.

Perbedaan sekaligus kelebihan lain yang dimiliki ATS Sorowako, yaitu kuliah prakteknya lebih banyak dibandingkan kuliah teori dan rasio dosennya yang melebihi batas minimal.

“Perbandingannya satu minggu teori, dua minggu praktek, sedangkan rasio dosen satu berbanding tujuh,” paparnya.

Perguruan tinggi yang didirikan oleh PT Inco pada 1991 ini telah menghasilkan kurang lebih 520 alumni, yang semuanya terserap di dunia kerja atau membuka lapangan kerja baru.

“Masa tunggu alumni kami paling lama enam bulan dan sebagian besar bekerja pada perusahaan-perusahaan besar. Terus-terang permintaan calon karyawan dari perusahaan-perusahaan besar tidak bisa kami penuhi semua, karena jumlah mahasiswa kami terbatas,” kata Mastam.

ATS Sorowako menerima mahasiswa baru hanya 96 orang per tahun sesuai kapasitas dan fasilitas yang ada. Itu pun tidak semua mahasiswa berhasil menyelesaikan studinya, karena ada yang terpaksa dikeluarkan akibat tidak disiplin.

 Menyinggung program studi yang dibuka, Mastam mengatakan ATS Sorowako hanya membuka satu program studi, yakni prodi Teknik Perawatan dan Perbaikan Mesin, tetapi prodi tersebut dibagi lima konsentrasi.

Ke-5 konsentrasi tersebut adalah konsentrasi Fabrikasi dan Pengelasan (Fabrication and Welding), konsentrasi Gambar dan Desain Mekanik (Drawing, Drafting and Design), konsentrasi Pemeliharaan dan Perbaikan Mesin (Mechanical Maintenance), konsentrasi Pembuatan Sukucadang Mesin (Machine and Process Operation / Machining), serta konsentrasi Mekanik (Otomotif). (asnawin)


-------------------------------------------------------------------
@copyright Majalah Almamater, edisi November 2013
===========================================================

Majalah ALMAMATER, Edisi ke-6, Agustus-September 2014, dapat diperoleh antara lain di :


1. Toko Buku "Arena Ilmu", Jl. Monginsidi, No. 81, Makassar 
2. Toko Buku "Siswa", Jl. Monginsidi, No. 83, Makassar. Telp: (0411) 855802
3. Toko Buku "Dunia Ilmu", Jl. Bulukunyi, No. 8 (baru 12), Makassar. Telp: (0411) 858917
4. Toko Buku "Bina Ilmu", Jl. Bulukunyi, No. 2, Makassar. Telp: (0411) 871037, 852450
5. Toko Buku "Makassar Agung", Jl. Cenderawasih, No. 111-A, Makassar. Telp: (0411) 872767.
6. Untuk pesan-antar atau kirim via pos, hubungi sdr. Arif Rombo, 081340042115

----------------------------------

Majalah ALMAMATER, juga dapat dibaca secara cuma-cuma pada sejumlah (lobby) hotel dan bank di Kota Makassar dan kota-kota besar se-Sulawesi.
-----------------------------------------------------------------------------------


No comments: