Sunday, April 14, 2013

Nelson Pomalingo Bertekad Majukan Unismuh Gorontalo


PIDATO PERDANA. Prof Nelson Pomalingo menyampaikan pidato perdana sebagai Rektor Unismuh Gorontalo, di Gedung Kasmat Lahay Limboto, Kabupaten Gorontalo, Sabtu, 1 Desember 2012. Nelson bertekad menjadikan Unismuh Gorontalo sebagai salah satu perguruan tinggi ternama di Gorontalo dan Indonesia bagian Timur.
(Foto: Asnawin)



-------------------------------

Prof Nelson Pomalingo:

Bertekad Majukan Unismuh Gorontalo


Gorontalo, Tabloid Almamater.

Semangat baru! Kesan itu sangat terasa di lingkungan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Gorontalo. Penyebabnya tidak lain karena perguruan tinggi yang beralamat di Jalan Prof. Dr. Aloei Saboe No. 1 Gorontalo, telah mendapatkan Rektor baru yang cukup berpengalaman dan cukup dikenal di daerah tersebut, yakni Prof Dr Ir H Nelson Pomalingo MPd.

Pria kelahiran Gorontalo, 24 Desember 1962, pernah menjadi Rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG) selama dua periode. Di Unismuh Gorontalo, Nelson menggantikan Drs Syamsuddin N Tuali.

Sebagai rektor baru, Nelson menyatakan tekadnya memajukan pendidikan di Kabupaten Gorontalo dan menjadikan Unismuh Gorontalo sebagai salah satu perguruan tinggi ternama di Gorontalo dan Indonesia bagian Timur.

Tekad tersebut mendapat sambutan dari Bupati Gorontalo David Bobihoe. Dia juga berharap Nelson Pomalingo sebagai Rektor Unismuh Gorontalo, dapat bersinergi dengan Pemkab Gorontalo untuk lebih memajukan dunia pendidikan di daerah tersebut dan melanjutkan perjuangan rektor sebelumnya.

Atas dukungan dan harapan tersebut, Nelson dengan rendah hati mengatakan bahwa amanah yang diterimanya cukup berat dan berharap semua pihak dapat bersama-sama dirinya memajukan Unismuh Gorontalo dan dunia pendidikan di Kabupaten Gorontalo.

“Amanah ini berat bagi saya dan saya tentu tidak bisa kerja sendiri,” katanya pada acara pelantikan, di Gedung Kasmat Lahay Limboto, Kabupaten Gorontalo, Sabtu, 1 Desember 2012.

Acara pelantikan dihadiri Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr HM Nur Rahman Najam dan Prof Dr H Dadang Kahmad, Sespel Kopertis IX Sulawesi Drs H Ibrahim Saman MM, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Gorontalo Drs Yusnan Ekie MPd, Bupati Gorontalo David Bobihoe, dan sejumlah undangan.

Ketua Presidium

Sebelum menjabat Rektor Unismuh Gorontalo, Nelson Pomalingo pernah menjabat Rektor Universitas Negeri Gorontalo (2002-2006, 2006-2010). Pendidikan sarjana diperoleh di Fakultas Pertanian Unsrat Manado (1981), sedangkan pendidikan S2 dan S3 diselesesaikan di IKIP Negeri Jakarta.

Nelson yang dikukuhkan sebagai Guru Besar Universitas Negeri Gorontalo pada Agustus 2007, juga pernah menjabat Kepala Unit Studi KLH STKIP Gorontalo dan Pembantu Ketua IV Bidang Perencanaan & Kemitraan STKIP Gorontalo.

Pada saat pembentukan Provinsi Gorontalo, Nelson dipercaya sebagai Ketua Presidium Nasional pembentukan Provinsi Gorontalo. Setelah Gorontalo resmi menjadi provinsi, pria yang aktif di berbagai organisasi ini mendapat amanah sebagai Ketua Bappeda Pemprov Gorontalo. (win)


@copyright Tabloid Almamater, Makassar, Edisi ke-4, Maret 2013.

No comments: