Thursday, November 01, 2012

Kegiatan Tridharma dan Pengembangan Umpar


MANTAN Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Malik Fajar (berdiri di depan, keempat dari kiri) foto bersama Rektor Universitas Muhammadiyah Parepare (Umpar) Drs Syarifuddin Yusuf MSi (berdiri di depan, kelima dari kanan), Sespel Kopertis Wilayah IX Sulawesi Drs H Ibrahim Saman MM (berdiri di depan, ketiga dari kiri), Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr Haedar Majid (berdiri di depan, keempat dari kanan), pada acara Milad ke-13 dan Wisuda S1 & S2 Umpar, di Kampus Umpar Parepare, Sabtu, 19 Mei 2012. (Foto: Asnawin)

 

Kegiatan Tridharma dan Pengembangan Umpar

Dalam bidang pendidikan dan pengajaran, Umpar kini mendidik ribuan mahasiswa, termasuk mahasiswa Program Magister (S2). Total jumlah alumni (di usianya yang baru menginjak 13 tahun) adalah 3.750 lulusan.
Untuk menambah wawasan mahasiswa dan civitas akademik, Umpar juga sering mengundang pakar dan praktisi untuk bersilaturrahim, berdialog, membawakan materi ceramah/seminar, atau membawakan kuliah umum.

Mereka yang pernah diundang antara lain Prof Dr Salim Said MA MAIA (Guru Besar Universitas Muhammadiyah Malang), Kolonel Inf Lodewk Pusung (Danrem 142 Tatag), Prof Dr HM Basri Wello MA (Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi), dan Drs H Syamsul Bahri MSc (Ketua Komisi X DPR RI/Mantan Ketua Panja RUU Pendidikan Tinggi).

Dalam bidang penelitian, Umpar telah menyusun Rencana Induk Penelitian dan sudah mengirim ratusan proposal dalam dua tahun terakhir, baik ke Kopertis wilayah IX Sulawesi, maupun ke Dikti Depdikbud, ke PP Muhammadiyah, serta ke berbagai lembaga dan institusi yang menyediakan dana penelitian.

Dalam bidang pengabdian masyarakat, Umpar telah membentuk Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) dan telah melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan berbagai kegiatan kemasyarakatan lainnya di Parepare, Enrekang, Sidrap, Soppeng, Wajo, Barru, Pinrang, serta Tana Toraja.

Selain kegiatan tridharma, Umpar juga melakukan berbagai kegiatan pengembangan kampus dan pembinaan kemahasiswaan.

Pengembangan kampus diwujudkan dengan pngelolaan sistem informasi (pengelolaan manajemen akademik berbasis IT), pembangunan gedung perkuliahan baru, rencana pembangunan rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) atas bantuan Kementerian Perumahan Rakyat, area bebas internet (hotspot) bagi civitas di lingkungan kampus, serta launching 14 kelas multimedia.

Umpar juga telah memiliki Perpustakaan Digital, Ruangan Multimedia Terpadu, Laboratorium Bahasa Inggris Berbasis Digital, Kelas Multimedia Terpadu, Laboratorium Komputer, dan ICT Centre.

Pengembangan kegiatan kemahasiswaan terlihat dari banyaknya kegiatan yang diselenggarakan dan atau diikuti oleh mahasiswa Umpar, antara lain Darul Arqam Dasar (DAD) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Baitul Arqam, kegiatan seni, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), dan pengajian rutin.

Mahasiswa Umpar juga mengikuti lomba karya tulis, melaksanakan bhakti sosial, seminar, penerbitan jurnal ilmiah dan majalah, olimpiade matematika, dan pelatihan pengembangan karakter. (asnawin, dikutip dari Sambutan dan Laporan Rektor Umpar, Drs Syarifuddin Yusuf MSi, pada acara Milad ke-13 dan Wisuda S1 & S2 Umpar, di Kampus Umpar Parepare, Sabtu, 19 Mei 2012)

@copyright Tabloid Almamater, Makassar, Edisi 3, Oktober 2012.

No comments: