Wednesday, November 28, 2012

Bekali Mahasiswa Keterampilan Kompetensi


PEMBEKALAN. Sespel Kopertis IX Sulawesi Drs H Ibrahim Saman MM (kedua dari kanan), foto bersama Direktur Akbid Muhammadiyah Makassar Hj Muzdalifah Mannan (kedua dari kiri) dan dua staf Akbid Muhammadiyah, pada acara Pengenalan Program Studi bagi mahasiswa baru, di Kampus Akbid Muhammadiyah Makassar, Jl AP Pettarani II, Rabu, 1 Agustus 2012. (Foto: Asnawin)




Akbid Muhammadiyah Makassar:
Bekali Mahasiswa Keterampilan Kompetensi

Makassar, Tabloid Almamater.
Selain belajar teori dan praktek mata kuliah yang berkaitan dengan kebidanan, mahasiswa Akademi Kebidanan (Akbid) Muhammadiyah Makassar, juga diberi bekal tambahan berupa keterampilan kompetensi.

Keterampilan kompetensi ada-lah berbagai keterampilan yang berkaitan dengan kompetensi seorang bidan, antara lain komputer dan bahasa asing.

“Dengan keterampilan kompe-tensi tersebut, mahasiswa kami tidak perlu lagi mengikuti kursus di luar kampus,” kata Direktur Akbid Muhammadiyah Makassar Hj Muzdalifah Mannan, kepada Tabloid Almamater, di Makassar, beberapa waktu lalu.

Mahasiswa baru juga diberi-kan bekal pengetahuan umum dan pengetahuan khusus sebagai bekal awal dan pemberian motivasi, yang diharapkan dapat menjadi pegangan, tuntunan, dan motivasi dalam menempuh pendidikan di Akbid Muhammadiyah Makassar.

Salah seorang pemateri yang diundang untuk memberikan bekal kepada kepada mahasiswa baru tahun akademik 2012/2013, yaitu Sespel Kopertis Wilayah IX Sulawesi Drs H Ibrahim Saman MM, yang membawakan materi tentang pentingnya jiwa kewirausahaan dalam diri mahasiswa.

“Tahun ini kami hanya mene-rima 200 mahasiswa baru, dari 365 yang mendaftar dan mengikuti tes,” sebut Muzdalifah.

Dia menambahkan, sejak tahun 2003, Akbid Muhammadiyah Makassar yang berdiri tahun 1999, juga telah menerapkan Ujian Kompetensi Tahap (Utap), yang terdiri atas tiga tahap sesuai yaitu Tahap I, Tahap II, dan Tahap III,dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). (win)


@copyright Tabloid Almamater, Makassar, Edisi 3, Oktober 2012.

No comments: