Wednesday, November 07, 2012

Din Syamsuddin: Nabi Muhammad adalah Wiraswastawan


KETUA PP Muhammadiyah Prof Din Syamsuddin (kiri) menerima cinderamata dari Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh pada acara wisuda ke-7 STIE Muhammadiyah Mamuju, di Ballroom d’Maleo Hotel & Convention, Mamuju, Senin, 30 April 2012. Ketua STIE Muhammadiyah Mamuju Mohammad Ali Chandra SE MSi, melaporkan bahwa jumlah alumni yang diwisuda sebanyak 173 orang. (Foto: Asnawin)




Nabi Muhammad adalah Wiraswastawan
 - Din Syamsuddin Hadiri Wisuda STIE Muhammadiyah Mamuju


Agama Islam awalnya juga disebar oleh para pedagang, termasuk masuknya Islam di Indonesia. Islam pun sangat mendorong kemajuan ekonomi.

“Sayangnya, Islam selalu diidentikkan dengan negara miskin,” kata Ketua PP Muhammadiyah Prof Din Syamsuddin.

Berbicara sebagai pembawa orasi ilmiah pada acara Wisuda ke-7 STIE Muhammadiyah Mamuju, di Ballroom d’Maleo Hotel & Convention, Mamuju, Senin, 30 April 2012, Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu mengatakan, dirinya pernah diundang ke sebuah pertemuan interna-sional yang dihadiri 12 tokoh agama se-dunia.

“Selain saya, juga ada satu tokoh Islam lainnya yang diundang. Betapa kagetnya saya, ketika sampai disana disampaikan bahwa kami berdua adalah tokoh Islam yang mewakili negara-negara Islam yang tergolong miskin. Saya benar-benar kecewa. Setelah berbicara saya langsung pulang ke Indonesia, lebih cepat dari jadwal yang sudah ditentukan,” ungkap Din.

Sehubungan dengan itu, Ketua PP Muhammadiyah mendorong para sarjana, terutama para sarjana ekonomi, agar tidak hanya berupaya mencari pekerjaan, tetapi juga berupaya membuka lapangan kerja.

“Anda semua adalah laskar-laskar zaman Indonesia. Jangan jadi pencari kerja, tetapi jadilah pencipta kerja dan mempekerjakan orang lain,” tegas Din.


Wisuda Bergengsi
Di Indonesia, ada sekitar 170 perguruan tinggi Muhammadiyah (PTM), tetapi tidak semua kampus tersebut pernah dikunjungi atau dihadiri acaranya oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Salah satu PTM yang beruntung dan berhasil menghadirkan Ketua PP Muhammadiyah yaitu STIE Muhammadiyah Mamuju, Sulawesi Barat.

Tidak tanggung-tanggung, acara Wisuda ke-7 STIE Muhammadiyah Mamuju, di Ballroom d’Maleo Hotel & Convention, Mamuju, Senin, 30 April 2012, bukan hanya Ketua PP Muhammadiyah Prof Din Syamsuddin yang hadir, melainkan juga Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh.

“Acara wisuda ini tertunda beberapa kali. Panitia beberapa kali datang, saya bilang kalau Anda mau saya hadiri acara wisuda STIE Muhammadiyah Mamuju, saya mau Prof Din Syamsuddin hadir bersama saya. Setelah mereka menyatakan Pak Din siap hadir, saya sendiri yang langsung menjemput beliau di Jakarta,” ungkap Anwar Adnan Saleh.

Acara wisuda juga dihadiri Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi diwakili Sekretaris Pelaksana Drs H Ibrahim Saman MM, Ketua Muhammadiyah Sulbar KH Yusuf Tuali, Sekprov Sulbar Drs H Habsi Wahid MM, Ketua DPRD Mamuju H Sugianto, Ketua BPH STIE Muhammadiyah Mamuju H Kaharuddin Ssos, serta sejumlah undangan lainnya.

Ketua STIE Muhammadiyah Mamuju Mohammad Ali Chandra SE MSi, melaporkan bahwa jumlah alumni yang diwisuda sebanyak 173 orang. Secara keseluruhan, STIE Muhammadiyah Mamuju yang berdiri tahun 1996, telah menelurkan alumni sebanyak 601 orang. (win)


@copyright Tabloid Almamater, Makassar, Edisi 3, Oktober 2012.

No comments: