Sunday, March 24, 2013

Mahasiswa STIP Mujahidin Tolitoli Diberikan Ruang dan Fasilitas


WISUDA. Ketua STIP Mujahidin Tolitoli, Sulawesi Tengah, Ir Muhammad Akbar Syah (tengah) didampingi Ketua Yayasan Pembangunan dan Pendidikan Mujahidin Buol-Tolitoli, H Muhammad Alwy Fattah (kedua dari kiri), memimpin acara wisuda sarjana ke-10 dan Dies Natalis ke-19 STIP Mujahidin Tolitoli, di Labong Boki, Tolitoli, Sulawesi Tengah, Kamis, 27 Desember 2013. (Foto: Asnawin)




STIP Mujahidin, Tolitoli:
Mahasiswa Diberikan Ruang dan Fasilitas

Tolitoli, Tabloid Almamater.

Tidak ada lagi alasan bagi mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Mujahidin, Tolitoli, Sulawesi Tengah, untuk tidak berprestasi, karena pihak kampus telah menyiapkan berbagai fasilitas penunjang dan memberikan ruang atau kesempatan selebar-lebarnya agar mereka melatih dan mengembangkan diri, serta demi meraih prestasi sebanyak-banyaknya.

Ketua STIP Tolitoli Ir Muhammad Akbar Syah, mengatakan, pihak kampus senantiasa berupaya mendorong mahasiswa agar aktif dan berperan dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan di tingkat regional dan nasional.

Selain itu, mahasiswa juga diarahkan pada kegiatan pengembangan kreativitas dalam bidang penelitian, pengabdian masyarakat, kewirausahaan, serta penulisan artikel, yang semuanya sangat menunjang kompetensi inti lulusan.

“Kebijakan pengembangan suasana akademik juga telah dilaksanakan secara berkelanjutan, yang salah satunya melalui penyelenggaraan kuliah umum dan kuliah pakar, dengan menghadirkan para ahli, khususnya dalam bidang pertanian dan peternakan,” tutur Akbar Syah, pada acara wisuda sarjana ke-10 dan Dies Natalis ke-19 STIP Mujahidin Tolitoli, di Labong Boki, Tolitoli, Kamis, 27 Desember 2012.

Malah, acara wisuda itu pun diisi orasi ilmiah oleh Prof Ir Hj Marhawati Mappatoba MP PhD dari Universitas Tadulako, Palu, yang mengangkat materi berjudul: “Agribisnis: Membangun Daya Saing Pertanian, Industri dan Jasa Menuju Kawasan Pertumbuhan Ekonomi.”

Menyinggung acara wisuda, Akbar melaporkan, alumni STIP Mujahidin yang diwisuda sebanyak 178 sarjana pertanian dan peternakan, terdiri atas 34 sarjana program studi peternakan, 88 sarjana program studi agribisnis, serta 56 sarjana program studi agroteknologi.

Acara wisuda turut dihadiri Sespel Kopertis IX Sulawesi Dr H Ibrahim Saman MM, Wabup Tolitoli Amran H Yahya, Ketua Yayasan Pembangunan dan Pendidikan Mujahidin Buol-Tolitoli H Muhammad Alwi Fattah, serta sejumlah undangan.

Sespel Kopertis Ibrahim Saman, menyampaikan pesan kepada para wisudawan agar mereka tetap melatih dan meningkatkan keterampilan belajar, keterampilan berpikir, dan keterampilan hidup.

Khusus kepada pimpinan dan para pengelola STIP Mujahidin, Sespel mengingatkan pentingnya pengembangan perguruan tinggi, yang meliputi kemandirian, peningkatan kualitas SDM dosen, peningkatan kualitas sarana dan prasarana, pengembangan dan penyesuaian kurikulum, serta akuntabilitas. (as)


@copyright Tabloid Almamater, Makassar, Edisi ke-4, Maret 2013.

No comments: