Monday, September 01, 2014

Kemelut UVRI Makassar Berlanjut, YKDDM Terbitkan “Buku Putih”


KEMELUT yang terjadi dalam penyelenggaraan dan pengelolaan Universitas Veteran Republik Indonesia (UVRI) Makassar, masih terus berlanjut. Hingga kini masih terjadi dualisme kepengurusan yayasan dan pengelola. Dalam kemelut berkepanjangan (sudah belasan tahun) tersebut, UVRI versi YKDDM sudah tiga kali “mengalahkan” UVRI versi YPTKD. (Foto: Asnawin)



--------------------------


Kemelut UVRI Makassar Berlanjut, YKDDM Terbitkan “Buku Putih”


Kemelut yang terjadi dalam penyelenggaraan dan pengelolaan Universitas Veteran Republik Indonesia (UVRI) Makassar, masih terus berlanjut. Hingga kini masih terjadi dualisme kepengurusan yayasan dan pengelola.

Dua ”kubu”, masing-masing mengklaim sebagai yayasan yang sah dan berhak mengelola UVRI Makassar.

Kubu pertama, yaitu Yayasan Karya Dharma Daerah Makassar (YKDDM) yang berada di bawah naungan Legiun Veteran RI Sulselbar, serta diketuai Brigjen TNI (Purn) H Andi Oddang. YKDDM mengangkat Drs Sukarno A Husein MS sebagai Rektor UVRI.

UVRI versi YKDDM melaksanakan proses belajar mengajar dan tridharma perguruan tinggi di Gedung LVRI Sulsel, Jl WR Supratman, Makassar.

Kubu kedua, yaitu Yayasan Perguruan Tinggi Karya Darma (YPTKD) yang dipimpin H Mallingkai Maknun. YPTKD mengangkat Dr Andi Ninik Fariaty Lantara sebagai Rektor UVRI.

UVRI versi YPTKD melaksanakan proses belajar mengajar dan tridharma perguruan tinggi di Kampus UVRI Jl Bawakaraeng Makassar, dan di Kampus UVRI Antang, Makassar.

Dalam kemelut berkepanjangan (sudah belasan tahun) tersebut, UVRI versi YKDDM sudah tiga kali “mengalahkan” UVRI versi YPTKD.

“Kemenangan” pertama diraih dengan keberhasilan YKDDM memperoleh pengakuan dari Kementerian Hukum dan HAM sebagai yayasan yang terdaftar/tercatat dengan Nomor AHU-AH.01.08-534, pada 10 September 2009, dan telah diumumkan oleh Kementerian Hukum dan HAM RI dalam Tambahan Berita Negara RI, Nomor AHU-2028.Ah.01.05, tahun 2010.

“Kemenangan” kedua diperoleh saat UVRI versi YKDDM mendapat pengakuan dari Kementerian Hukum dan HAM RI melalui surat nomor C.00201202590, tanggal 29 Maret 2012, sebagai pemegang Hak Cipta (logo) UVRI Makassar.

Sedangkan “kemenangan” ketiga, direbut saat UVRI versi YKDDM menerbitkan “Buku Putih” setebal 134 halaman dan dibagi 11 bagian, dengan judul “Sejarah Universitas Beteran RI, Yayasan Karya Dharma Daerah Makassar (YKDDM).”

“Buku Putih ini kami susun secara kronologis berdasarkan surat-surat resmi yang kami miliki, dengan melibatkan beberapa Guru Besar sebagai Tim Ahli,” tutur Drs Andi M Ramli Syarif (Wakil Rektor II UVRI) selaku Tim Penyerasi/Penyusun, bersama Drs H Sukarno A Husein MS (Rektor UVRI), dan Drs Muhammad Darwis Rachman SSos MSi, kepada wartawan, di Kampus UVRI Jl WR Supratman Makassar, beberapa waktu lalu.

Rektor UVRI Sukarno pada acara wisuda 1.506 alumni, di Gedung Balai Prajurit Jend. M. Jusuf, Makassar, Rabu, 18 Juni 2014, menegaskan bahwa UVRI Makassar dengan Badan Hukum Penyelenggara (BHP) YKDDM di bawah pimpinan Brigjen TNI (Purn) H Andi Oddang, telah diakui oleh pemerintah.

“Oleh karena itu, (YKDDM) sah menyelenggarakan kegiatan tridharma dengan membina 13 program studi yang tersebar pada lima fakultas,” katanya, seraya menambahkan bahwa selain berhak atas pengelolaan UVRI Makassar, YKDDM juga berhak atas pengelolaan sebagai Badan Hukum Penyelenggara AMI Veteran Makassar. (rus/as)

------------------------------------------------------------------
@copyright Majalah Almamater, edisi ke-6, Agustus 2014
------------------------------------------------------------------


===========================================================

Majalah ALMAMATER, Edisi ke-6, Agustus-September 2014, dapat diperoleh antara lain di :


1. Toko Buku "Arena Ilmu", Jl. Monginsidi, No. 81, Makassar 
2. Toko Buku "Siswa", Jl. Monginsidi, No. 83, Makassar. Telp: (0411) 855802
3. Toko Buku "Dunia Ilmu", Jl. Bulukunyi, No. 8 (baru 12), Makassar. Telp: (0411) 858917
4. Toko Buku "Bina Ilmu", Jl. Bulukunyi, No. 2, Makassar. Telp: (0411) 871037, 852450
5. Toko Buku "Makassar Agung", Jl. Cenderawasih, No. 111-A, Makassar. Telp: (0411) 872767.
6. Untuk pesan antar atau kirim via pos, hubungi sdr. Arif Rombo, 081340042115

----------------------------------

Majalah ALMAMATER, juga dapat dibaca secara cuma-cuma pada sejumlah (lobby) hotel dan bank di Kota Makassar dan kota-kota besar se-Sulawesi.
-----------------------------------------------------------------------------------



No comments: