Saturday, September 27, 2014

Kurikulum Sebaiknya Diperbaharui Setiap Tahun



LOKAKARYA. Musdalifah Mahmud (paling kiri) yang mewakili Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi,-didampingi Direktur ATEM Muhammadiyah Makassar Imran Amin (tengah), dan Wakil Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Akademi-akademi Muhammadiyah Makassar Dr HM Furqaan Naiem-, menjadi salah seorang pembicara pada Lokakarya Kurikulum Penyusunan SAP, di Hotel Permata, Makassar, beberapa waktu lalu. (Foto: Asnawin)





----------------------------


Kurikulum Sebaiknya Diperbaharui Setiap Tahun


Kurikulum pendidikan tinggi sebaiknya diperbaharui setiap tahun dan disesuaikan dengan perubahan dan perkembangan, terutama perubahan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dalam bidang kesehatan misalnya, banyak sekali perubahan dan perkembangan yang terjadi dalam satu tahun, baik dalam hal medis dan pengobatan, maupun dalam hal peralatan medis (elektromedik).

“Karena itulah, kami setiap tahun mengadakan Lokakarya Kurikulum khusus dalam lingkungan ATEM (Akademi Teknik Elektromedik),” kata Direktur ATEM Muhammadiyah Makassar, Imran Amin.

Kurikulum di ATEM, katanya, selain menyangkut bidang elektromedik dan mata kuliah umum, juga ada mata kuliah dengan ciri khas tertentu, yaitu Al Islam dan Kemuhammadiyah (AIK) dan Bahasa Arab.

Karena pentingnya perubahan atau pembaharuan kurikulujm itulah, ATEM Muhammadiyah Makassar melaksanakan Lokakarya Kurikulum Penyusunan SAP, di Hotel Permata, Makassar, beberapa waktu lalu.

Lokakarya Kurikulum Penyusunan SAP, kata Imran, sangat membantu dan lebih memudahkan dosen dalam mengajarkan mata kuliah masing-masing.

Materi yang dibahas pada lokakarya tersebut, adalah Perumusan Kompetensi Berbasis KKNI (dr Furqaan Naiem PhD), Kebijakan Pendidikan Nasional (Dr Musdalifah Mahmud MSi), Kurikulum dan Penyusunan SAP Elektromedik (Syaifudin ST MT), serta praktek penyusunan GBPP/GBRP dan SAP oleh para peserta.

“Kami harus melakukan dan memberikan yang terbaik, karena ATEM Muhammadiyah Makassar merupakan satu-satunya Akademi Teknik Elektromedik (ATEM) di kawasan timur Indonesia,” tandas Imran. (win)

--------------------------------------------------------------
@copyright Majalah Almamater, edisi Agustus 2014
--------------------------------------------------------------

No comments: