Monday, September 08, 2014

Fakultas Teknik Unismuh Makassar Semakin Diminati


TA'ARUF. Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Makassar Hamzah Al Imran ST MT (kanan) memberikan penjelasan pada acara Ta'aruf atau Penerimaan dan Pembekalan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2014/2015 Fakultas Teknik Unismuh Makassar, Kamis, 4 September 2014. (Foto: Asnawin)



-----------------


Fakultas Teknik Unismuh Makassar Semakin Diminati


Fakultas Teknik Unismuh Makassar semakin diminati. Buktinya, jumlah mahasiswa barunya pada tahun akademik 2014/2015 ini meningkat cukup signifikan dibandingkan jumlah maba tahun lalu.

Tahun ini, Fakultas Teknik Unismuh Makassar menampung 497 mahasiswa baru, sedangkan tahun lalu hanya berkisar 400 orang. Ke-497 maba tersebut terdiri atas 293 mahasiswa program studi Teknik Sipil, dan 204 mahasiswa prodi Teknik Elektro.

"Alhamdulillah, jumlah maba kami tahun ini meningkat cukup signifikan dibandingkan tahun lalu," kata Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Makassar Hamzah Al Imran ST MT, kepada wartawan seusai memberikan pengarahan pada acara Ta'aruf atau Penerimaan dan Pembekalan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2014/2015 Fakultas Teknik Unismuh Makassar, Kamis, 4 September 2014.

Secara keseluruhan, jumlah mahasiswa Fakultas Teknik Unismuh Makassar berkisar 3.000 orang. Jumlah itu tidak termasuk mahasiswa yang sudah menyelesaikan kuliah dan sisa menunggu diwisuda.

Dalam proses perkuliahan, kata Hamzah, mahasiswa prodi Teknik Sipil wajib mengikuti praktikum teknik sungai, hidrolika, ilmu kehutanan, dan teknologi beton.

Pada prodi Teknik Elektro, mahasiswa diberi tiga pilihan konsentrasi, yaitu Elektronika, Listrik, dan Telekomunikasi.

"Alumni prodi Teknik Sipil umumnya bekerja sebagai konsultan atau kontraktor (sipil basah/sipil kering), sedangkan alumni prodi Teknik Elektro banyak yang bekerja di PT Telkom, PLN, PLTA, Pabrik Semen Tonasa, dan di perbankan," sebut Hamzah.

Menyinggung kerjasama yang dilakukan Fakultas Teknik dengan pihak ketiga, Hamzah yang juga alumni Fakultas Teknik Unismuh Makassar, mengatakan, pihaknya telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, antara lain Balai Wilayah Besar Sungai Ditjen PSDA Kementerian PU, PT Telkom, dan PLN.

"Kami juga tengah menjajaki kerjasama dengan TVRI (Televisi Republik Indonesia), Univesitas Teknologi Malaysia, dan Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, karena kebetulan di Unibraw ada prodi Teknik Keairan," papar Hamzah.

Selain berproses dalam perkuliahan dan praktek di kampus, serta praktek lapangan, katanya, mahasiswa Fakultas Teknik Unismuh Makassar juga aktif mengikuti berbagai macam kegiatan eksternal dan lomba.

Lomba yang pernah diikuti antara lain Lomba Desain Ramah Lingkungan, Lomba Desain Mix Beton Tonasa Award (10-12 April 2014), Tracking Robot Line Follower (2008), Pembangkit Listrik Mini Tenaga Hidro (2008), Kontes Robot Poltek (2009), PLC Via SMS (2012), dan PLC Via Voice (2013). (win)

1 comment:

Muhamad Rusli said...

Tabe', Untuk jurusan teknik sipil ada kelas untuk karyawan? Berapa SPP per semester?