Tuesday, February 07, 2012

Universitas Pepabri Siapa Yang Punya?



Universitas Pepabri, Makassar, kini dibawahi dua yayasan dan masing-masing yayasan mengangkat rektor. Yayasan Pendidikan Dharmawirawan Sulawesi Selatan (YPDSS), mengangkat Prof Tommy Eisenring sebagai rektor, sedangkan Yayasan Pendidikan Dharmawirawan Pepabri Sulsel (YPDP Sulsel) mengangkat Prof Maemunah Dawy sebagai rektor. Yayasan mana yang berhak menggunakan nama Universitas Pepabri dan yayasan mana yang berhak menggunakan aset gedung kampus Universitas Pepabri di Jalan Gunung Batu Putih Makassar? (Foto: Asnawin)

-------------------------

Universitas Pepabri Siapa Yang Punya?

Makassar, Tabloid Almamater.
Universitas Pepabri, Makassar, kini dibawahi dua yayasan dan masing-masing yayasan mengangkat rektor. Yayasan Pendidikan Dharmawirawan Sulawesi Selatan (YPDSS), mengangkat Prof Dr Ir H Tommy S S Eisenring MSi IAP IAI sebagai rektor, sedangkan Yayasan Pendidikan Dharmawirawan Pepabri Sulsel (YPDP Sulsel) mengangkat Prof Dr Hj Maemunah Dawy MS sebagai rektor.
Universitas Pepabri versi YPDSS berkantor dan melaksanakan proses perkuliahan di Jalan Gunung Batu Putih No 38-A, Makassar (Universitas Pepabri “Batu Putih”), sedangkan Universitas Pepabri versi YPDP Sulsel, berkampus sementara di Gedung DPD Pepabri Sulsel Jl Rajawali No 5, Makassar (Universitas Pepabri “Rajawali”).
Yayasan mana yang berhak menggunakan nama Universitas Pepabri dan yayasan mana yang berhak menggunakan aset gedung kampus Universitas Pepabri di Jalan Gunung Batu Putih Makassar?
Faktanya, nama yayasan yang terdaftar dalam Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri (EPSBED) atau Pengolahan Data Perguruan Tinggi (PDPT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah YPDP Sulsel, tetapi aset gedung dan pengelolaan akademik kemahasiswaan justru berada di bawah YPDSS.
“Kami sudah bertemu langsung dengan Bapak Koordinator Kopertis IX Sulawesi dan beliau mengatakan bahwa yayasan yang terdaftar di EPSBED adalah Yayasan Pendidikan Dharmawirawan Pepabri Sulawesi Selatan,” tandas Ketua Yayasan Pendidikan Dharmawirawan Pepabri Sulsel, H Syamsuddin Massa, kepada Tabloid Almamater, di Gedung DPD Pepabri Sulsel, Selasa, 17 Januari 2012.
Dengan demikian, lanjutnya, rektor yang berhak menandatangani ijazah alumni Universitas Pepabri adalah rektor yang diangkat oleh YPDP Sulsel (Prof Maemunah Dawy).
YPDP Sulsel dalam SK No: Skep-096/YPDP/VII/2011, tanggal 20 Juli 2011, telah memberhentikan Prof Dr Ir Tommy S S Eisenring MSi selaku Rektor Universitas Pepabri, dan selanjutnya mengangkat prof Dr Hj maemunah Dawy MS selaku Rektor Universitas Pepabri, Makassar.
Setelah itu, YPDP Sulsel menyurat kepada Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi pada 28 November 2011 (No; B/56/YPDP/XI/2011), yang berisi pengembalian dosen DPK Kopertis IX Sulawesi Prof Dr Ir Tommy S S Eisenring MSi, kepada kopertis Wilayah IX Sulawesi.
Tentang penggunaan nama Pepabri (Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Polri), Syamsuddin mengatakan, Dewan Pimpinan Pusat Pepabri sudah menerbitkan  surat persetujuan (No: 047a/DPP/III/2011) yang intinya tidak keberatan dan memberikan persetujuan kepada YPDP Sulsel.
Menyinggung aset gedung kampus Universitas Pepabri dan gedung sekolah di Jalan Gubung, dia mengatakan Kodam VII/Wirabuana juga menegaskan bahwa apabila ada yayasan lain di luar YPDP Sulsel yang menempati bangunan tersebut, maka kepada yang bersangkutan harus meninggalkan tempat tersebut, karena TNI AD cq. Kodam VII/Wirabuana tidak pernah mengeluarkan izin kepada pihak lain untuk menempatinya (No: B/870/VI/2011).
“Seharusnya mereka (YPDSS) keluar dari gedung kampus Universitas Pepabri di Jl Batu Putih, karena Kodam VII/Wirabuana sudah memerintahkan mereka meninggalkan tempat tersebut,” tandas Syamsuddin. (win)

@copyright
Tabloid Almamater, hal-7, edisi I, Januari 2012

[Terima kasih atas kunjungan, saran, kritik, dan komentarnya di blog Tabloid Almamater - http://tabloid-almamater.blogspot.com/]

No comments: