Monday, December 03, 2012

UKI Toraja “Ancam” PTS di Makassar


WISUDA. Rektor UKI Toraja, Prof Dr Daud Malamassam MAgr, selaku ketua senat, memimpin acara Wisuda UKI Toraja, di Kampus Baru UKI Toraja, Makale, Sabtu, 8 September 2012. Alumni yang diwisuda sebanyak 335 orang. Acara wisuda juga diisi orasi ilmiah oleh Prof Jasruddin Daud Malago (Direktur Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar), dengan judul “Paradigma Pembangunan Sumber Daya Manusia.” (Foto: Asnawin)




UKI Toraja “Ancam” PTS di Makassar

Toraja, Tabloid Almamater.
Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja secara tidak langsung telah mengancam perguruan tinggi swasta (PTS) di Makassar, karena gedung kampusnya yang cukup megah dan besar kini tengah dibangun di pusat kota Tana Toraja.

Selain itu, jumlah mahasiswa baru yang mendaftar pada tahun akademik 2012/2013 mencapai 1.500 orang. Itu berarti banyak orang Toraja dan sekitarnya yang tidak lagi berburu kampus di Makassar, karena lebih memilih kuliah di UKI Toraja.

Rektor UKI Toraja, Prof Dr Daud Malamassam MAgr, mengatakan, karena keterbatasan daya tampung, jumlah maba yang diterima hanya sekitar 1.300 orang.

“Jumlah ini melebihi jumlah yang kami perkirakan, yaitu hanya sekitar 1.100 orang,” papar Daud, pada acara wisuda, di kampus baru UKI Toraja, di Makale, Sabtu, 8 September 2012.

Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Drs H Ibrahim Saman MM, kepada Tabloid Almamater, mengatakan, jumlah maba yang lebih 1.000 orang tergolong besar untuk ukuran PTS yang ada di luar ibukota provinsi.

Mantan Bupati Tana Toraja, J Amping Situru, mengatakan, UKI Toraja pada beberapa tahun silam harus berupaya keras mencari calon maba, tetapi sekarang keadaannya sudah berbalik, justru UKI Toraja yang menolak maba karena jumlah yang mendafat melebihi kapasitas daya tamping yang ada.

Sepuluh tahun lalu, katanya, UKI Toraja boleh dikatakan hampir mati suri, tetapi sekarang jumlah mahasiswa barunya banyak sekali dan gedungnya juga sudah dibangun cukup megah di tengah kota.

“Kampus UKI Toraja diharapkan nanti dapat menjadi salah satu ikon Tana Toraja,” tutur Amping, yang kini menjabat Wakil Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Makale (YPTKM).

Wisuda 680 Alumni

UKI Toraja pada tahun akademik 2011/2012, berhasil menelurkan sekitar 680 alumni dalam dua kali acara wisuda, terdiri atas 344 alumni pada wisuda awal tahun akademik, dan 335 alumni pada wisuda akhir tahun akademik, yang digelar di kampus baru UKI Toraja, di Makale, Sabtu, 8 September 2012.

“Prestasi para wisudawan juga cukup membanggakan, karena semuanya berhasil meraih IPK di atas 3,0,”
ungkap Rektor UKI Toraja, Prof Dr Daud Malamassam MAgr.

Acara wisuda juga diisi orasi ilmiah oleh Prof Jasruddin Daud Malago (Direktur Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar), dengan judul “Paradigma Pembangunan Sumber Daya Manusia.” (win)

@copyright Tabloid Almamater, Makassar, Edisi 3, Oktober 2012.

No comments: