Friday, October 18, 2013

UIN Alauddin Gelar Shalat Idul Adha Bersama


REKTOR UIN Alauddin Prof Qadir Gassing bercengkerama denga panitia pelaksana Hari Raya Idul Adha 1434 H, di Kampus I UIN Alauddin, Makassar, Selasa, 15 Oktober 2013. Panitia menyembelih sembilan ekor sapi pada Hari Raya Idul Adha tahun ini. (Foto: Juminah/Mahasiswa UIN Alauddin)



------------------------


UIN Alauddin Gelar Shalat Idul Adha Bersama


Laporan: Juminah

Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar Shalat Idul Adha 1434 H / 2013 M bersama masyarakat sekitar kampus 1 UIN Alauddin di pelataran gedung Training Center (TC), Selasa, 15 Oktober 2013. Jumlah jamaah diperkirakan sekitar 500 orang.

Berdasarkan laporan ketua panitia, UIN Alauddin tahun ini menyembelih hewan qurban tujuh ekor sapi yang merupakan sumbangan dari rektor, dosen, dan pegawai UIN Alauddin. Penyembelihan dan distribusi daging qurban berpusat di kampus 2 UIN Alauddin, Samata, Gowa.

Selain itu, di kampus 1 UIN Alauddin Jl Sultan Alauddin, Makassar, juga disembelih dua ekor sapi yang berasal dari sumbangan sebuah keluarga di sekitar kampus satu dan PT Pelindo Makasssar. Penyembelihan hewan qurban turut disaksikan Rektor UIN Alauddin Prof Qadir Gassing.

Irawati, seorang jamaah yang turut shalat ied di UIN Alauddin mengaku senang karena suasananya sangat mendukung.

“Alhamdulillah, baru kali ini saya shalat Id tidak kepanasan. Apa lagi ditambah dengan bunga
di taman UIN Alauddin yang sedang berguguran menambah harmonis ibadah kami pagi ini,” tambah perempuan yang juga berprofesi sebagai guru ini.

Pada pelaksanaan shalat Hari Raya Qurban, Atto Callo Rustam, bertindak sebagai imam, sedangkan khatib adalah Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Alauddin, Zulfahmi Alwi PhD, dengan judul khutbah “Memaknai Qurban sebagai Internal Healing Proces dalam Mengatasi Persoalan Bangsa.”

“Berqurban adalah keikhlasan bersikap atau bertindak yang bertentangan degan dorongan nafsu. Dilandasi oleh iman untuk mencapai keridhan Allah,” tutur lelaki yang juga berprofesi sebagai dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin.

Keterangan:
-- Juminah adalah mahasiswa semester V, Tahun Akademik 2013/2014, Prodi Jurnalistik, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Alauddin, Makassar.

No comments: